Senin, 09 September 2013

Yeah! Chronograph Saya Sudah Datang: Unboxing Competition Electronics ProChrono Digital

Akhirnya yang ditunggu datang juga. Barang pesanan saya sudah sampai. Satu unit Competition Electronics ProChrono Digital sudah datang dan siap untuk dibongkar. Sesuai dengan semangat blog ini yang menjadi catatan pengalaman saya yang merekam kejadian-kejadian monumental seputar hobi senapan angin saya, maka saya curahkan pengalaman unboxing saya lewat postingan ini.



Kenapa saya memilih ProChrono?
Alasan saya memilih produk ini sebagai chronograph karena berdasarkan riset on-line saya, saya menemukan beberapa kelebihan produk ini dibanding kompetitor lainnya. Ruang lingkup pergaulan saya memang tidak memungkinkan buat saya mencari referensi dari sejawat lain yang telah menggunakan produk ini. Namun beginilah kira-kira alasannya:

  1. Cakupan maupun sensitifitas pembacaan kecepatan sangat lebar. Mulai dari 22 fps sampai 7000 fps. Memang saya tidak berencana menggunakan senjata api untuk menguji alat ini. Dan ada pilihan produk lain yang lebih murah seperti keluaran Xcortech, namun dengan keterbatasan cakupan kecepatannya saya pikir ProChrono adalah pilihan investasi yang bagus.
  2. Jarak sensor fixed. Mekanisme kerja chronograph adalah membaca waktu yang dibutuhkan sebuah proyektil untuk melintasi kedua sensor. Jadi akurasi penempatan kedua sensor ini akan menentukan akurasi perhitungan alat ini. Di sinilah poin di mana ProChrono lebih unggul daripada Shooting Chrony.
  3. Internet and especially Youtube does good job on advertising. Katakan pendapat anda setelah melihat video ini!
Let The Pictures Speak
Gambar 1. Kemasan ProChrono Digital. Berbeda dari yang saya lihat di toko langganan. Lebih segar dan memperlihatkan kebanggaan produsen ini terhadap nasionalisme-nya.

Gambar 2. Kemasan Flip Card Bagian Dalam. Tagline lain yang berbeda. Sepotong kalimat yang mewakili kemampuan alat ini. Semoga saja.

Gambar 3. Paket Standar dalam Kemasan. Unit Chronograph disertai 4 batang pemandu, 2 diffuser hoods, dan sebuah Manual. I Love Manuals.

Gambar 4. Unit Chronograph. Setelah menunggunya begitu lama dan penuh dengan ujian kesabaran, memegangnya serasa begitu monumental.

Gambar 5. Lokasi Penempatan Baterai. Lokasi penempatan baterai terletak di bagian bawah. Berurutan dengan tempat memasang drat tripod kamera. Produsen menyarankan menggunakan baterai alkaline 9 V. Saya gunakan merk ABC Alkaline (inset). Terdapat 1 slot untuk menyimpan baterai cadangan. Diklaim dalam manual bila menggunakan baterai baru dapat beroperasi selama 20 jam.

Gambar 6. Tombol Power. Tombol untuk menghidupkan peralatan ini berupa saklar geser yang terletak di dinding kiri. Di dekatnya terdapat port untuk menghubungkan peralatan ini ke peralatan tambahan seperti remote control dan printer.

Gambar 7. Moment of Miracle. Berlebihan memang. Tapi menghidupkan untuk pertama kali suatu peralatan elektronik yang telah melewati jarak tempuh ribuan kilometer bagi saya adalah saat yang menegangkan.

Gambar 8. Tripod Kamera. Produsen menyarankan meletakkan peralatan ini di meja atau sebuah tripod kamera. Saya gunakan tripod murah meriah yang saya miliki untuk mencoba meletakkan alat ini. 

Gambar 9. Peralatan pada Tripod. Tripod ringkih milik saya berhasil mendudukan alat ini pada posisi yang cukup stabil.

Gambar 10. Berat ProChrono Lengkap bersama Perlengkapannya. Tidak aneh tripod ringkih saya mampu menopangnya. Nilai tambah untuk kemudahan transportasi dan alasan mengapa biaya kirim alat ini begitu rendah.

Gambar 11. Prochrono on Action. Sampai bertemu di posting berikutnya yang lebih menarik. Chicho, tidur siangmu akan terganggu girl!

Saya membeli peralatan ini secara on-line lewat situs www.amazon.com. Tidak mudah memang untuk alat ini bisa sampai di tangan saya. Mungkin pada kesempatan lain akan saya posting mengenai sekelumit belanja on-line saya ini sebagai memoir saya berurusan dengan impor barang. Dan semoga nantinya bisa jadi referensi pembaca yang lain yang berminat berbelanja secara on-line..
Melalui postingan kali ini saya hendak berterima kasih juga kepada:

  • Hugo's Online khususnya representative-nya (Cody Rodriguez) yang telah memberi respon yang cepat dan positif dalam urusan dokumen impor saya dengan local customs. Toko ini selain memberi harga yang murah tapi juga memberi packing yang rapi dan aman.
  • FedEx. Dicerca namun akhirnya beres juga.

Tidak ada komentar :