Senin, 30 September 2013

Observasional: Uji Akurasi Mimis Impor pada Sharp Tiger Long Barrel

Pada posting kali ini saya memasukkan catatan akurasi Sharp Tiger Long Barrel .177" milik sahabat saya menggunakan berbagai mimis impor yang telah kami kumpulkan. Diketahui bahwa setiap laras akan merespon mimis secara berbeda-beda. Maka menemukan mimis yang paling tepat untuk senapan ini adalah tujuan observasi kami saat ini. Alasan lain kami melakukan uji observasional ini adalah untuk memberikan data awal bagi perubahan yang akan dilakukan sahabat saya. Sahabat saya akan melakukan penggantian laras dengan salah satu merk laras terkemuka di Indonesia. Dengan melakukan pengujian ini diharapkan akan memberi data yang dibutuhkan dan akhirnya kesimpulan tentang manfaat penggunaan laras baru itu.
Pada pengujian kali ini kami melakukan uji tembak dengan jarak 20 dan 30 meter menggunakan mimis berprofil hidung dome. Jarak tembak kami hitung menggunakan meteran pita yang diukur dari sasaran menuju ujung laras. Untuk setiap mimis kami lakukan penembakan sebanyak 5 kali dengan melakukan pompaan efektif sebanyak 5 kali. Group yang terbentuk dari setiap tembakan kami ukur diameter center-to-center nya menggunakan jangka sorong dengan metoda terbaik yang dapat dilakukan. Sahabat saya menembak dengan posisi duduk (benchrest shooting) menggunakan riflescope yang memiliki fitur adjustable objective yang dapat menghindari gangguan parallax.

Mimis yang kami gunakan dipilih untuk mewakili berbagai produsen mimis yang produknya dapat ditemui di Indonesia dan mewakili berbagai kelompok berat. Mimis yang kami gunakan adalah:

  • JSB Exact RS 7.33 gr.
  • RWS Superdome 8.3 gr.
  • H&N Sport Field Target Trophy 8,64 gr.
  • Crosman Premier Heavy kemasan karton 10.5 gr.
  • H&N Sport Baracuda Match 10.65 gr (dikenal juga sebagai Beeman Kodiak Smooth Waist).
Mimis Impor dan Cappuccino dari Miss Silvia Buatan Sahabat Saya. Kombinasi letal dan latte untuk lupa waktu.

Pada saat pengujian angin berhembus sangat tenang. Sangat ideal untuk melakukan pengujian. Namun tidak jarang pada saat melakukan uji tembak didapati mimis flyer. Untuk tembakan yang diduga mengalami flyer kami melakukan tembakan tambahan untuk mengkonfirmasi flyer tersebut. Bila flyer terkonfirmasi maka ukuran 5-shot-group yang kami hitung tidak memasukkan flyer tersebut.

Jarak 20 meter

Kami melakukan zeroing pada jarak 20 m menggunakan mimis H&N Sport Baracuda Match. Pada jarak 20 meter H&N Sport Field Target Trophy berjaya dengan membukukan ukuran group sebesar 9.4 mm. Gambar group dapat dilihat di bawah ini.

Harga tidak bohong? Koreksi, harusnya group test tidak bohong!


Tanda X adalah flyer dan sudah kami konfirmasi dengan memberi tembakan tambahan.


Group mimis ini menyentuh bull's eye karena mimis inilah yang digunakan untuk zeroing.
Pada group test kali ini didapatkan bahwa group cenderung berada di zona kanan atas. Bentuk group yang cenderung bundar menepis keraguan saya atas kemampuan menembak sahabat saya. Memang keluhan akan kekerasan picu Sharp Tiger selalu terdengar, namun bila hal ini menjadi masalah tentunya group akan cenderung memanjang secara horisontal.

Jarak 30 meter

Pada jarak 30 meter H&N Sport Field Target Trophy kehilangan akurasinya dan RWS Superdome menjadi yang paling akurat pada jarak ini. Gambar selengkapnya dari group dapat dilihat di bawah ini.

Hal yang baik dari kualitas mimis ini adalah kestabilannya. Pada penambahan jarak, mimis ini tidak terlalu kehilangan akurasinya.

Pada jarak yang lebih jauh, mimis ini tetap stabil. RWS Superdome adalah pilihan  terbaik bagi semua jarak untuk Sharp Tiger milik sahabat saya.

Mimis ini sangat kehilangan akurasinya pada jarak yang lebih jauh.


Mimis favorit sahabat saya untuk berburu tikus tidak mampu bicara banyak pada jarak 30 m. Mau barter dengan sisa Crosman Premier Heavy saya saja, bro?

Penutup dan Simpulan
Tidak ada satupun mimis yang terbaik untuk semua jarak tembak. Terdapat mimis yang spesifik untuk setiap jarak tembak. Hal ini dapat diterangkan dengan teori kestabilan mimis yang berhubungan dengan koefisien balistik (ballistic coefficient, BC) dan kestabilan dinamik yang dimiliki oleh setiap mimis. Hal ini sudah saya rangkumkan pada posting sebelumnya.
Harga bukan sebuah patokan dalam memilih mimis yang terbaik. Dalam hal ini JSB Exact RS yang saya tebus dengan harga Rp. 190,000 (September 2013) tidak superior dalam ukuran group yang dihasilkannya. Namun desain yang baik dari mimis seperti yang ditunjukkan oleh mimis JSB Exact RS ini dapat memberi kestabilan dinamik yang lebih baik sehingga ukuran group tidak terpaut jauh seiring jarak yang bertambah.
Kami memiliki pemikiran bagaimana seandainya kecepatan mimis ditingkatkan katakanlah di atas 800-an fps. Kemungkinan ukuran group akan mengecil secara signifikan. Namun masalahnya hal ini melibatkan usaha pompa yang melelahkan (harus dipompa di atas 8 kali untuk mimis RWS Superdome). Sahabat saya berjanji akan melakukan pengujian ini di lain waktu. Jadi kita tunggu saja realisasi datanya.
Pemilihan mimis pada akhirnya adalah kompromi dari akurasi dan tingkat energi yang dikehendaki. Sahabat saya, yang biasa menembak tikus pada jarak 20 meter, merasa lebih mantap menggunakan mimis H&N Baracuda Match yang walaupun tidak lebih akurat dari RWS Superdome, namun bisa memberikan sudden death pada tikus yang tertembak.
Akhirnya ini adalah hasil pengujian pada senapan milik sahabat saja. Dikatakan untuk setiap senapan walaupun berasal dari merk dan jenis yang sama akan menunjukkan karakteristik yang berbeda. Namun semoga bisa menjadi referensi bagi pemilik senapan sejenis yang berkeinginan menggunakan mimis impor.
Posting Komentar