Jumat, 22 November 2013

Rifle Scope Untuk Senapan Per: Unboxing Hawke Sport HD 3-9X40 AO Mil Dot Reticle

Bagaimana saat ini di jaman modern ini suatu senapan dan potensi terpendamnya dapat dieksploitasi tanpa mengujinya dengan akurasi jarak jauh? Dan bagaimana jarak yang begitu jauh dan sasaran yang begitu kecil dapat terlihat oleh mata telanjang? Untuk senapan angin dengan akurasi yang diklaim baik pada jarak jauh mutlak diuji dengan menggunakan rifle scope.
Setelah berusaha mencari pasangan yang tepat bagi senapan angin per saya, akhirnya saya menemukan pilihan yang saya pikir tepat. Sebuah rifle scope keluaran Hawke Sport Optic dengan model HK3022. Scope dengan nama lain dan spesifikasi Hawke Sport HD 3-9X40 AO Mil Dot Reticle. Mau tidak mau saya harus menebus rifle scope ini karena pertimbangan keamanan scope KW saya. Ya walaupun KW, saya tidak akan menggunakannya di senapan springer saya. Bagaimanapun saya tidak akan mengorbankan scope saya pada keganasan hentakan senapan springer karena saya sungguh menyukai scope KW saya.




Pertimbangan Saya
Sebelum akhirnya meminang rifle scope ini, saya memiliki beberapa pemikiran:
  • Scope ini harus kuat menerima hentakan. Perhatian saya mengenai rifle scope untuk senapan springer adalah kemampuan komponen rifle scope untuk menerima hentakan yang brutal dari senapan jenis ini. Bahkan hentakan ini dikatakan berbeda karakteristiknya dan lebih ganas bila dibandingkan dengan karakteristik hentakan senjata api. Karena hentakan dari senapan springer terjadi dua kali dengan kekuatan yang besar. Bila hentakan atau istilahnya recoil senjata api berlangsung satu kali akibat contra-force proyektil yang didorong oleh gas yang memuai, maka pada senapan springer hentakan terjadi dua kali, yaitu karena: (1) akselerasi cepat piston/seher yang beratnya jauh melebihi proyektil senjata api dan memberi arah gerak ke belakang, dan (2) momentum tumbukan dan deselerasi cepat akibat piston menghantam bantalan udara di sekitar transfer port (ujung silinder) yang memberi arah gerak ke depan. Dua hentakan yang bisa berakibat merontokan isi rifle scope yang tidak didesain untuk menghadapi kekuatan ini. Maka dalam tingkatannya, rifle scope jenis ini digolongkan sebagai airgun grade.Grade inilah yang kebanyakan tidak dimiliki rifle scope KW yang beredar di Indonesia dengan asumsi penggunaan senapan angin yang populer di Indonesia berjenis pneumatik, baik multi pump (pompa/uklik) maupun PCP. Saya tidak tahu mengenai penggunaannya pada senapan gejluk yang berhubungan dengan kegiatan memompanya, yang notabene juga menimbulkan hentakan berulang.
  • Scope ini harus terjangkau. Sudah jelas dan wajar karena senapannya saja sudah membuat saya menguras tabungan saya. 
  • Scope ini harus memiliki fitur AO. Adjustable objective memberikan kemampuan bagi saya untuk mengatur lensa objektif (lensa depan). Hal ini berguna bagi pengguna senapan angin yang menembak pada jarak dekat dengan pembesaran yang besar untuk mengatasi parallax. Parallax sendiri adalah fenomena optik yang timbul akibat perbedaan sudut pandang. Nanti sajalah saya pelajari, namanya juga unboxing.
  • Scope ini memiliki reticle mil dot. Memiliki reticle jenis ini dan apabila terkalibrasi dengan baik, akan bermanfaat untuk memberi perkiraan titik bidik dan ukuran sasaran. Walaupun belum mengerti benar, tapi yang penting punya dulu.

Setelah merenungi berbagai forum dalam negeri, mengingat kembali petuah sahabat saya yang juga pemula tapi concern dengan masalah scope, berkonsultasi pada teman baru di dunia maya, dan menimba saran dari sesepuh springer di dunia maya, akhirnya saya menemukan nama Albatrozz Shooting Corner. Nama lama yang saya lupakan karena di lapaknya isinya tertulis stok habis melulu. Setelah iseng saya kontak, ternyata barang yang diharapkan masih ada. Akhirnya besoknya saya jadikan transaksinya dan dua hari kemudian barang saya terima.
Pengalaman saya bertransaksi dengan Albatrozz bisa dikatakan minim. Hanya komunikasi sekedarnya, konfirmasi pembayaran dibalas sekedarnya, dan barang sampai diterima tanpa konfirmasi pengiriman. Tapi karena percaya dengan reputasinya dan harganya yang tidak seenaknya dikatrol (walaupun empunya juga tahu tidak banyak pilihan di luar sana). Itulah uniknya seller yang satu ini. Tapi toh saya butuh barangnya dan harganya, bukan kesan transaksinya. Saya yakin pribadi seller bertumbuh menjadi "efisien" seperti ini karena menghadapi calon konsumen tanah air yang begitu banyak dan antusias dengan segala demand-nya.
Selanjutnya biar gambar yang bercerita.

Paket datang dengan ekspidisi Tiki ONS. Semua all-in dalam harga yang ditawarkan. Saya tidak keberatan dan tidak berusaha menawar juga.

Kemasan minim tapi efektif untuk mengamankan paket dari perlakuan dalam pengiriman. Percayalah, saya pernah menemani Kakak saya yang berang menghadapi seller on-line yang dari luar kemasannya tampak rapi tapi tidak mempertimbangkan keselamatan paket dan berakhir dengan kerusakan fatal.

Another must have box. Sorry Bob, saya duluan.

Shockproof and multicoated HD optics. Noted.

Barang mana yang saat ini tidak diproduksi di China supaya murah? Walaupun merk Inggris seperti Hawke Sport sekalipun. Strategi global untuk memproduksi scope murah namun berkualitas. Walaupun terbilang baru, dengan strateginya ini Hawke Sport cepat mendapatkan perhatian. Bahkan jajaran produknya banyak digunakan sebagai scope uji di PyramydAir. Saya harap kualitas produksinya tetap dikawal ketat oleh pemegang merk.

Kemasan kotak yang sebenarnya (warna biru) di dalam selubung (warna putih).

Kemasan pengaman dari streofoam sebagai pelindung utama kemasan. Cukup tipis dan ringkih.

A-ha... manual book.

Scope yang selalu kehabisan stok. Saat ini hanya  sejauh selembar plastik.

Scope unveiled. Pelengkap standar disertai kain penyeka lensa. No batteries needed.

Penutup lensa didesain tembus pandang untuk pengelihatan cepat dan sebagai filter cahaya. Plastiknya jujur agak membuat kecewa karena terkesan gampang pecah. 

Bagian objektif dengan pengaturan lensa objektif. Sebenarnya saya tertarik dengan model sidewinder untuk kemudahan operasional, tapi untuk saat ini sudah sangat berguna.

Bagian okuler dengan pengaturan pembesaran lensa dan fokus reticle.

All China, all works! Bersanding dengan scope kesayangan (atas) UTG Leaper 6-24X50 AOE Mil Dot Reticle dan scope pertama (bawah) Simmons ProSport 3-9X40 Truplex Reticle.




Tidak ada komentar :